Jumat, 16 September 2016

Pendakian MT.CIREMAI VIA LINGGARJATI

Jakarta , 16 September 2016

Hello sob blogger jumpa lagi bersama ane , disini ane bakal bahas pengalaman soal pendakian gunung ciremai via linggarjati . mulai dari transport pendakian dan beberapa tips oke tanpa banyak buasa basi mending kita kupas tuntas yuk .

Gunung Ciremai

Gunung Ciremai sejatinya gunung tertinggi di provinsi jawa barat terletak diantara kab cirebon dan kuningan dengan ketinggian 3.078 Mdpl (meter diatas permukaan laut) , oh iya gunung ciremai ini terkenal juga lho dengan mistisnya konon dahulu sunan gunung jati bertapa disini .

Akses Jalur Pendakian Gunung Ciremai
-Via Apuy (Kab Majalengka)
-Via Linggasana

-Via Linggarjati
-Via Platungan
Oke tapi yang saya bahas disini pendakiannya via linggarjati sebab ane naiknya via linggarjati hihihi

-Akses Dari Jakarta Menuju Kuningan Naik Bus
       Jumat 02 September 2016 (Jam 21.00)
       Ane Berangkat menggunakan transportasi bus tujuan kuningan dengan armada angkutan "Setia Negara" ya biasanya yang orang kuningan tau lah bis ini hehehe , mudah ditemui biasanya mangkal dikampung2 tempat , kalau ane kebetulan naik dari gang bete kec tambora jakarta barat , kami berangkat ber tiga saja , saya sodara saya dan teman sekolah saya .

Sabtu 03 September 2016 (Jam 02.00 Malam)
Akhirnya saya sampai di linggar jati tepatnya didepan indomaret , oh iya kalau naik bis nanti bilang ke keneknya turun dilinggar jati atau kalau kalian bawa carrier biasanya kenek2 nya udah bisa nebak kok hehehe , dari sini nanti ketika turun bus dilinggar jati tepatnya didepan indomaret kalian akan langsung disamperin tukang ojek untuk menawari jasa ojek dari indomaret menuju dusun linggarjati

Menuju Basecamp Linggarjati
  Ketika turun dari bus kita naik ojek , jaraknya lumayan jauh jika naik ojek hanya 20menitan saja kita sudah sampai dibasecamp linggarjati sedangkan kalo linggasana hanya butuh 10menit , linggar jati dan linggasana terbilang sama hanya beda dusun jadi ketika kalian naik ojek ada 2 pilihan mau ke linggar jati atau linggasana , tapi kalau saya pilih linggarjati sebab treknya menantangggg katanyaa ya itusih katanyaa hehehehe .

Tips Tambahan
  Mendengar keluh kesah pendaki lain ternyata banyak yang digetok sm tukang ojek soal harga , ada yang 35rb ada yang 25rb , untung saya sebelumnya sudah nanya2 ke teman2 yang pernah naik saya tawar 15rb langsung mau tuh tukang ojek walaupun tadinya sempet ng getok dgn hrga 40rb , oh iya soal tukang ojek ini dia stay ko 24 jam jadi tenang saja buat kalian yang sampai terlalu larut malam , dan biasanya ojek juga membantu kalian utk mencarikan atau memberhentikan bus jika kalian ingin arah plg ke jakarta lagi .

-Sampai Di Basecamp Linggarjati
   Tepat Jam 02.00 malam lewat2 sedikit kami sudah sampai dibasecamp pendakian linggarjati , tempatnya lumayan oke bersih nan nyaman ada tv nya kalian bisa nonton deh biar gak bete tapi semua gak sprti yg saya kira , saya kira nih basecamp ramai seperti gnung2 pada umumnya ternyata eh ternyata sepi cuma ada 3 pendaki yg saya temui itupun dia sedang tidur hihi . Berikut sedikit moment ane pas didepan basecamp pendakian linggarjati pas mau start mendaki ke pos simaksi hihihi

-Start Pendakian
   Jam 07.00 Pagi kita prepare , oh iya kalian jangan lupa bawa KTP ya buat yang mau mendaki sebab harus melampirkan fotocopy ktp untung ane bawa kebetulan ada tkg fotocopy didusun linggajati jadi kita tinggal fotocopy saja ini demi memenuhi peraturan simaksi di linggarjati , untuk simaksi biayanya Rp.50.000 dan kalian disuruh mengisi form dll yang membuat pusing

Tips Tambahan :
Petugas loket simaksi akan menanyakan anda apakah bawa golok atau senjata tajam? sebaiknya jawab tidak , krna nanti akan disita jika memang kalian membawa , jika kalian berbohong pun gak akan ketahuan krna gak dicheck .

-Start Dari Pos Simaksi Menuju Pos Cibunar
  Tepat Jam 08.00 Pagi Hari Sabtu 3 September 2016 ane start pendakian setelah mengurus perizinan simaksi yang agak ribet , untuk perjalanan dari pos simaksi menuju pos cibunar jalanan yang kita lewati melewati dusun warga hingga perkebunan , kurang lebih memakan waktu 1 jam utk berjalan nyantai

-Sampai Pos Cibunar
  Setelah Berjalan Tepat 1 jam dengan berjalan santai dipenuhi kebosanan dan keringet , jam 09.00 pagi kami sampai dipos cibunar , dari sinilah trek berubah menjadi trek tanah , diawal pintu gerbang pos cibunar kita langsung disuguhi hutan lembab dibatasi vegetasi pohon pinus khas hutan jawa barat ,suasana mulai lembab terasa disini matahari yang tersengat akan tertutup oleh rimbunnya pepohonan pinus

-Sampai Di Pos Condang Amis  Dari Pos Cibunar menuju condang amis lagi2 selisih wktu hanya 1 jam saja tepat jam 10.00 pagi saya sampai di pos condang amis , sebenarnya bs lebih cepat kalau kata saya , saya berjalan terlalu santai dan bnyk istirahat hehe , oke utk trek masih terbilang landay , di pos condang amis ini ada shelter lumayan besar dan balai balai bamu tempat duduk buatan warga setempat , kuat menampung 10 tenda di pos ini namun jarang yang ngecamp karna masih terlalu jauh sekali dari puncak .

-Sampai Di Pos Kuburan Kuda
  Lagi dan lagi hanya selisih 1 jam tepat jam 11.00 siang kami sampai di pos kuburan kuda , dipos ini kuat menampung kurang lebih 5 tenda , namun jarang juga yang ngecamp disini karna masih jauh dari puncak , utk trek masih disuguhi trek yang lenday menurut saya .

-Sampai Di Pos Pamerangan
  Lagi lagi 1 jam lagi wkwk , tepat jam 12.00 siang kami sampai di pos pamerangan , saya nggak bohong lho waktunya bisa pas bgt karna setiap pos saya selalu tengok jam , dan hanya memakan 1 jam ternyata utk melewati tiap pos digunung ciremai ini , saya sempat pusing karna pos nya terlalu banyak tidak sprti gunung2 lain , oh iya di pos pamerangan ini bisa ngecamp kurang lebih menampung 4 tenda sampai 5 , saat sy lewati pamerangan ada pendaki yg ngecamp sudah 2 tenda yg ngecamp , tapi kami rasa msh terlalu jauh klo ngecamp dipos pamerangan akhirnya perjlanan kami lanjutkan

-Sampai Di Tanjakan Seruni

Pos Tanjakan Seruni akhirnya sampai dan lagi2 hanya selisih 1 jam , tepat jam 1.00 siang kami sampai disini , disini bisa menampung 5 tenda , ya saat disini sih saya tdk melihat pendaki yg ngecamp utk trek masih landay kawan tenang saja .

-Sampai Di Pos Bapak Tere
  Yaps Kalian pasti udah tau jawabannya tepat 1 jam doang jam 02.00 siang kami sampai di Pos bapak tere , jalur disini mulai gak bersahabat kawan pas melewati bapak tere kita akan disuguhi jalanan yang menanjak dgn kemiringan kurang lebih 30 derajat smpai 45 derajat tapi tenang saja sudah disediakan tali webbing kok jadi gampang , dan di pos inilah saya lama istirahatnya krna diguyur hujan mendadak dan besar hujannya , untung ada pendaki yang ngecamp jadi kita numpang pinjem flysheet utk meneduh sementara haduhh mana ujannya awet lagih .

-Sampai Di Pos Batu Lingga
  Tepat Jam 04.30 Sore kami sampai dibatu lingga ? haduh lama banget yah kali ini dari jam 02 siang ke jam 04.30 sore ? yaps benar karna apa ? hujannya awettt bangett ditambah ujannnnya lumayan besar , jadi kami terlalu lama istirahat di bapak tere sehingga kesorean jam 04.30 baru sampai di pos batu lingga , oh iya dipos ini juga lumayan besar bisa mendirikan tenda kira2 5 tenda dan konon katanya di pos inilah bersemayamnya sunan gunung jati bertapa mitosnya , utk jalur tdk terlalu menanjak mash terbilang landay kawan .

-Sampai Di Pos Sangga Buana I
  Nah kali ini normal lagi kawan , tepat jam 05.30 sore , saya sampai di pos sangga buana I cuaca mulai gak mendukung angin sudah menusuk ke bulu2 badan wkwk dan niatnya kami ngecamp disini tepatnya di sangga buana I tapi sayang seribu sayang ternyata kami gak kebagian lahan , sudah ada 5 tenda yang ngecamp disini tendanya besar2 pula akhirnya terpaksa perjalanan kami teruskan ke pos sangga buana II

-Sampai Di Pos Sangga Buana II
  Selisih 50 menitan kurang lebih jam 06.30 magrib , namun disini sudah gelap gulita kami sampai di pos sangga buana II kami pikir akan ada yang ngecamp disini ? ternyata hanya kami saja yang bertenda disini , ya benar cuma tenda kami seorang akhirnya tanpa banyak cingcong langsung gelar tenda bikin kopi bikin makan malam langsung tidur karna cape .

SUMMIT ATTACK
Minggu 04-september-2016

Summit atack
  Pendaki lain sudah dari jam 3 malam muncak , tapi tak kami hiraukan kami muncak niatnya jam 5 pagi tapi ngaret jam 06.00 pagi baru jalan karna kelelahan atau memang kaminya yang lebay wkwk

-Sampai Di Pos Pengasinan (Pos Terakhir utk menuju Puncak)
  Jam 07.00 pagi kami sampai di pos pengasinan , oh iya jalurnya sudah berubah kawan mulai dari sangga buana II menuju pengasinan jalurnya berubah menjadi trek bebatuan yang labil disini benar2 terkuras tenaga ditambah udara pagi minim oksigen jadi gampang engap kami jalan terlalu santai banget alias kayak siput gunung

-Finishhhh Sampai PUNCAK CIREMAI ATAP TERTINGGI JAWA BARAT 3.078 MDPL
  Hufft Hufft Nafas Ter-engah2 seperti orang bengek akhirnya tepat jam 08.30 pagi kami sampai puncak , sebenarnya dari pengasinan ke puncak kalo kalian cepat bisa 30menit , tapi kami benar2 dan begitu lambat sekali jalannya bahkan istirahat terus wkwk tp no problem yang penting puncakkk ,
Berikut sedikit dokumentasi narsis nya kwkwk