Selasa, 27 September 2016

Cerita Pendaki Yang Berlebihan Menciutkan Pendaki Pemula



Ranu Kumbolo Semeru

Cerita Yang Berlebihan
   Saat saya diusia kecil seringkali saya ditakutkan dengan rekan2 saya yang jauh lebih tua dari saya , memang ia seorang pendaki sering mendaki gunung kesana juga kemari tapi tak jarang semua cerita
yang saya dengar tak lain hanya cerita ketakutan beserta ribuan mitos yang ia tebarkan , saya sering
sekali memikirkan hal itu hingga saya sendiri menjadi ketakutan.
   Lucu sih memang tapi jujur saya disini tidak bermaksud "Menyombongkan diri dan tidak percaya 
tentang mitos mitos digunung" saya percaya itu dan sbg agama islam saya percaya tentang yg ghaib
tapi disini lah saya menemukan kejanggalan cerita teman saya yaitu "Cerita yg berlebihan" hmmm .

1.Mitos Tak Selamanya Benar Namun Tetap Harus Dihormati
 Seperti banyak yang kita dengar tentang mitos2 digunung , seperti larangan kencing sembarangan larangan berbicara sembarangan , larangan takabur Mitos Tentang Itu Saya Hormati Namun tidak
sedikit mitos yang agak aneh seperti Tidak Boleh Menoleh Kebelakang tidak boleh begini tidak boleh
begitu dan banyak lagi , namun secara singkat bagi saya mitos yang harus kita ikuti adalah tidak
takabur , tidak sombong , dan bersikap baik dalam berbicara saat digunung.

2.Cerita Yang Menakutkan Sebagian Benar Sebagian Lagi KEBOHONGAN
  Jika anda dapati cerita dari teman anda soal ketemu setan dll mungkin benar , tapi kemungkinan juga kebohongan yang berlebihan atau memang teman anda lebay . kalau saya selalu memilah2
dari sebagian cerita melalui orangnya . lagipula cerita tersebut sebaiknya jangan terlalu dipikirkan
sebab hanya mengecilkan niat anda untuk ke gunung , kenyataannya terkadang berbeda , ya saya
disini bukannya tidak percaya makhluk halus , saya percaya itu tetapikan tidak semuanya ditongolin
mungkin sebagian saja , lagipula selagi kita baik dan tidak macam2 insyaallah kejadian sprti itu jauh
mungkin sebagian dari mereka ada yang ditemui mungkin sedang SUE wkwk tapi tak jarang dari teman saya yang bercerita tentang menemui makhluk halus hanyalah cerita berlebihan mereka agar mereka bisa bercerita atau ada topik untuk obrolan !

Beberapa Contoh Nyata Yang Saya Alami :
Cerita Seorang Teman : "Wah Jangan Ke Ciremai Deh , asli menakutkan banyak dedemit saya ditemui ini saya ditemui itu trus saya begini trus saya begitu trus begini trus begitu trus jangan begini trus jangan begitu" <--- Berlebihan Bukan ?

Kenyataan Saat Saya Lakukan Pendakian Ciremai Via Linggarjati : 
Alhamdulilah tidak terjadi apa dan tidak tertiban musibah apa2 ? bahkan tenda saya sendirian tidak ada yang ngecamp selain saya ? tepatnya saya ngecamp di sangga buana II saya tidak berlebihan asli ditempat itu hanya tenda saya saja yang bergrup 3 orang .

"Maksud Diatas bukan berarti saya sombong atau tidak percaya yg ghaib , sbg agama islam saya percya adanya yg ghaib , tetapi sebaiknya cerita yang berlebihan jangan terlalu didengarkan jika tidak masuk akal"

3.Point Point Penting Yang Sebenarnya Saat Pendakian
A.Jangan Berkata Sembarangan
  Maksudnya tidak berkata sembarangan tuh jangan takabbur , jangan menyombongkan diri beginilah dan begitulah

B.Jangan cepat mengeluh  Jangan Cepat mengeluh capek , jangan cepat mengeluh sehingga akhirnya keluar semua kata2 kotor

C.Hormati Mitos2 yang masuk akal saja  Apasih mitos2 yang masuk akal ? ya seperti point diatas , selalu bersikap sopan jika anda umat beragama ucap Assalamualaikum disetiap pos sebagai tanda penghormatan kepada penghuni sekitar baik yang ghaib dan yang hidup

D.Tundukan hati jangan sombongkan diri kepada semesta  Semesta adalah ciptaan tuhan dan apa apa yang ada didalamnya adalah kehebatan tuhan , tiadalah kita sbg manusia hanya mengagumi ciptaanya , selalu hormati ciptaanya dengan bersikap tunduk dan tidak menyombongkan diri .


Kesimpulan : Tetap percaya dan hormati yang ghaib tetapi jangan berlebihan dalam menanggapi cerita teman2 anda yang berlebihan sehingga membuat anda takut dan ciut saat ingin planing ke gunung tersebut .










0 komentar:

Posting Komentar

About Us