7026772637_dd044716b0_b
7026772637_dd044716b0_b

Senin, 18 Juli 2016

Cara Service Karburator Vespa

"Cara Service Karburator Vespa"



















Oke gan topik kali ini gw mau ngebahas bagaimana service/perawatan pada karburator vespa largeframe (Sejenis PX , PS , EXCEL , SUPER SPRINT) langsung saja tanpa basa basi menuju pembahasan dibawah ini

Tool/Kunci yang disiapkan
-Kunci Ring/Pas 7-8-10 (Untuk Membongkar Part Karbu)

-Kunci Shock Ukuran 11 (untuk membuka dudukan karburator)
-Obeng + dan - (Untuk Membuka Part Karburator)
-Tang (Untuk Menjepit Tali Gas dan Choke saat bongkar)

1.Buka Box Tutup Karburator Dan Filter Karbu

vespa.choke11
download
*Keterangan Langkah 1 : Buka Kedua Buah Baut Tutup Karbu dengan kunci 8 atau Obeng - (tergantung jenis baut yang terpasang pada vespa anda)
*Setelah Terbuka Box Tutup Karburator akan terlihat filter karburator , buka juha baut2 yang menempel pada filter karburator agar terlepas filter karburatornya
*Lihat Panah , lepas yang ditandai dengan panah saja

2.Melepas Tali Gas , Choke dan Selang Bensin
20131121-100945-resizedbxe

*Keterangan Langkah 21.Copot Dahulu Selang Bensin Yang Menyambung Ke DEKSEL (Lihat Panah) Kendorkan Baut (-) setelah terlepas akan copot selang bensin yang menempel pada karburator vespa

2.Lepas Tali Choke , lihat kawat yang menyangkut pada choke ke karbu , copot gunakan Tang dan Obeng
3.Melepas tali gas ? ada 2 jenis ada yang berbentuk NEPEL ada yang berbentuk nyangkut kaya semacam cantolan , pada gambar diatas berbentuk NEPEL , untuk melepasnya sama saja sebenernya pasti akan ngerti kok pas ngelihat hehe

3.Melepas Karburator Dari Dudukannya
6685227419_dac7dbc7cb
*Keterangan langkah ke3 : Gunakan Kunci Shock Ukuran 11mm atau diatas ukuran tersebut sesuai baut yang terpasang pada vespa anda (krna kadang berbeda2)  Lihat gambar diatas yang saya lingkari , nanti akan terlihat 2 buah baut yang menjadi dudukan baut karbu , setelah baut kedua tersebut terlepas karburator bisa dicabut dari mangkok nya atau dudukannya . perhatikan juga part2 yang menempel jangan sampai hilang buat contoh kalau kita mau ganti baru

*Berikut Gambarnya setelah karburator terlepas dari dudukannya (Oli warna biru abaikan saja)
LubangIsap

*Keterangan gambar diatas : Ingat setelah karbu sudah terlepas tutup pakai kain mangkok karbu agar tidak ada kotoran yang masuk ke lubang hisap
------------------*Sampai sini kita sudah selesai mencopot karbu*--------------------------------
*Next Step Revisi / Membersihkan Komponen Karburator
Pada Tahap Ini kita akan mengecek komponen karbu bila perlu ganti part jeroannya ganti , jika masih layak cukup bersihkan saja ,

1.Membuka Tutup atas deksel karburator
PICT0084
PICT0085
PICT0086
PICT0087
PICT0092
PICT0094

*Keterangan gambar diatas , ikuti langkah demi langkah selalu ingat part komponen setelah terlepas agar dalam pemasangan kita hafal dan tau seluk beluk nya , setelah terlepas batok atas deksel karburator , akan terlihhat pelampung karburator , lihat gambar dibawah ini utk pembahasan melepas pelampung deksel

PICT0095

PICT0096
PICT0097
PICT0098



2.Melepas Skep Lidah Gas
PICT0118
PICT0119

*Keterangan Gambar Diatas (2) : Buka Kedua Baut (-) setelah lepas akan terlihat per didalam buka perlahan , hafalkan part2 dan komponen agar dalam pemasangan mudah dalam posisinya semula jadi jangan asal buka doang hehehhe

3.Melepas Spuyer dan lain2
PICT0105
PICT0106
PICT0108
PICT0109

*Keterangan Gambar Diatas (3) : Gunakan Obeng Min untuk melepas ketiga komponen tersebut , hafalkan kembali posisinya masing2 ,



Langkah Selanjutnya : Setelah semua komponen terlepas , sisihkan masing2 lalu rendam didalam kaleng agak besar bersama karburator dan part2 nya didalam kaleng yang berisikan bensin , rendam beberapa menit kira2 30menit , angkat lalu keringkan pasang kembali komponen karbu , saya harap anda sudah mengerti dalam pemasangannya tinggal ikuti cara tadi hihihi

16 komentar:

  1. blogger_logo_round_35

    itu namanya kunci apa bang yang melengkung buat buka tutup atas deksel?

    BalasHapus
  2. blogger_logo_round_35

    Gan, setelah ane pasang ulang, dan alhasil ane slah trus gas full sendiri udah gitu mati, padahal bensin masih full, terus aja gitu setiap ane slah.
    Spuyer angin udah 1setengah putaran,
    Langsam udah di kendorin masih tetep

    BalasHapus
    Balasan
    1. blogger_logo_round_35

      Coba di cek bang kabel/kawat gasnya mungkin nyangkut, soalnya gua juga mengalami hal yang sama persis dan ternyata kabel gasnya nyangkut diluar mangkok karbu, salam vespa pondok kelapa :)

      Hapus
    2. blogger_logo_round_35

      Bisa jadi kotor tuh mas spoirernyaa

      Hapus
  3. blogger_logo_round_35
  4. blogger_logo_round_35

    Trimakash pembelajarannya pak bos

    BalasHapus
  5. blogger_logo_round_35

    VespaKu ngadat Om...

    Tolong dong

    BalasHapus
  6. blogger_logo_round_35
  7. blogger_logo_round_35

    Gw udh gtuin tp msh minta di kop bang...kira2 apanya ya

    BalasHapus
  8. blogger_logo_round_35

    Bensin ga turun ke karburator bos... Udah d cek lubang kecil tangki, selang bensin jg... Apa mungkin pelampung nya ga jalan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. blogger_logo_round_35

      Kalo pelampung ngk jalan, jadinya banjir

      Hapus
  9. blogger_logo_round_35

    Mohon pencerahannya motor saya kalo buka gas seperempat kaya bensin habis mau mati tapi klo gas di buka setengah jalan lagi klo boleh tau apanya yah

    BalasHapus
  10. blogger_logo_round_35

    Om VESPA ku Kayak Ngadat
    Spuyer aman bersih pengapian lancar tapi kok kayak mau mati mau mati gitu.

    BalasHapus
  11. blogger_logo_round_35

    Bensin keluar dari bawah karbu itu karna apa yah bang?

    BalasHapus
  12. DSC_0000266

    Thanks ilmu nya. Moga bermanfaat. O ya barangkali butuh service pompa air silakan kunjungi https://tukangpompaair-surabaya.blogspot.com/

    BalasHapus

About Us