Selasa, 27 September 2016

Packingan Semi Ultarlight Versi Saya Untuk Kegiatan Mendaki



Semi Ultralight Gear 
  Maksud Pembahasan saya disini adalah beberapa perlatan dan perlengkapan mulai dari gear-gear peralatan dan logistik ketika saya mendaki , ini versi saya lho ya dan saya menyebutnya Semi UL bukan FULL UL karna belum sanggup kalau harus FULL UL oke langsung saja ke topik pembahasan

1.Carrier Ukuran 40L
  Carrier yang saya gunakan selalu 40L dalam pendakian , karna saya kalau mendaki tidak lebih dari
2 hari ? pergi jumat malam senin sudah ada dijakarta jadi 2 hari kan? ya tepatnya sih 2 hari 1 malam
dalam pendakian 2 hari 1 malam carrier yang tepat adalah 30 sampai 40L saja sebenarnya.

2.Sleeping Bag
  Ini penting khususnya saya yang tidak terlalu hebat badan saya dalam menahan dingin , semua pendaki pasti bawa ini untuk kesafety an saat tidur biar nyenyak bobok nya hihi

3.Matras Almunium Foil
 Matras yg saya gunakan matras foil , saya bawa 2 buah saja sudah cukup untuk menahan dingin dan menghangatkan tenda , beratnya pun enteng tidak lebih dari sebungkus mie instan

4.Kompor Model Kembang
  Sebenarnya kepingin nerapin kompor UL yang kecil bgt itu lho tapi sya kurang suka karna tidak ada penahan angin jadi kalo masak apinya terganggu angin , jadi kompor pilihan saya kompor model kembang yang skaligus ada pnahan anginnya , beratnya pun tak terlalu berat hanya 500gram'an saja jadi menurut saya tidak menggangu

5.Pakaian Yang Di Siasati
 -Jacket Inner (Jaket Bagian Dalam)
 -Jacket Outer (Jaket Bagian Luar)
 -1 buah t-shirt untuk saya ganti saat pulang

*Kalau celana saya tidak bawa , celana yang saya pakai saat pergi akan selalu menemani sampai pulang , agar tidak berat2in untuk celana saya pilih celana panjang jenis training berbahan polar


6.Makanan Yang Disiasati
-Bubur Kimbo 4 Sachet
Kenapa 4 sachet ? 2 sachet untuk dicamp 2 sachet lagi untuk turun pas mau pulang

-Kornet 2 kaleng
Kenapa 2 kaleng ? yang 1 kaleng utk malam saat dicamp , yang 1 kaleng lagi untuk pas summit atack

*Saat Pendakian saya tidak pernah membawa beras , karna boros air dan agak repot . kalau snack saya bawa nya snickers untuk menemani saat ditreck , snack yg saya pilih snickers karna memang ampuh untuk menahan lapar hahahah , saya tdk pernah membawa snack2 yang tidak penting yang ujung2nya memakan space carrier , lagipula kalau mendaki saya selalu sedikit alias cuma ber2 paling rame ber3 karna saya tidak punya banyak rekan yang suka mendaki sehingga dalam pendakian saya selalu ber2 atau ber3 itupun bersama sahabat saya 1 orang dan 1 lagi saudara saya

7.Kebutuhan Air Yang Dibawa
 Untuk Kebutuhan Air saya bawa 2 botol ukuran 1 liter dan 2 botol ukuran tanggung yg 600ml
Kenapa Demikian ?

*Membawa air dgn ukuran diatas sangat cukup bagi saya bahkan sampai turun pun masih sisa banyak , karna dalam logistik saya tidak membawa yang memboroskan air contohnya mie ? jika anda ingin membawa MIE usahakan MIE GORENG jangan MIE KUAH karna boros air jadi menurut saya dalam logistik bawalah logistik yang tidak boros air saat dimasak.

Manfaatkan Moment Hujan
  Saya Selalu memanfaatkan moment hujan , yaitu saya tadahkan dengan ember atau aqua air hujan yang turun untuk bahan masak saya ketika memasak mie ataupun memasak logistik yang memerlukan air , jelas ini lebih efektik agar kita hemat air toh kita tidak akan mati jika minum air hujan , cara ini sudah umum biasanya buat kamu yang sering hiking kawan hehehe

8.Jas Hujan Dan Flysheet
 Jas hujan itu penting wajib bawa walaupun bawa jas hujan yang gocengan , ya saya bawanya yang murahan yang gocengan wkwk karna lebih enteng dan gak ribet , sisanya flysheet selalu bawa flysheet kawan lagipula flysheet enteng kok beratnya cuma 500gr'an , selain sebagai penaung saat hujan flysheet berguna untuk melapisi tenda agar lebih safety kawan .

9.Peralatan masak dan perabot untuk makan
 -Nesting bawa 2 buah 
1.Nesting untuk memasak
2.nesting untuk merebus atau memasak air

Peralatan makan

-Sendok 2 in 1 yang model lipat ada garpunya
-mangkok lipat silicone consina 
-Gelas lipat stainless

10.Tenda
 Ini sangat penting kawan dimana kalian akan bernaung jika tak ada ini wkwk , ya kalo versi saya tenda itu tas bawaan tenda nya tidak saya pakai , saya lipat sekecil mungkinnnnn trus saya ikat dengan kabel TIS agar ukuran tenda saat dilipat seperti ukuran sleeping bag , ini mengecilkan space tentunya , kalau berat saat ditimbang beratnya cuma 1.5kg saja

11.Peralatan Pendukung namun multifungsi
-Powerbank = untuk handphone dan lampu tenda
-Lampu tenda model colok powerbank lebih terang benderang dan awet
-Senter kepala

12.P3K Survival Kit
 
Saya bawa tetapi saya hanya membawa yang penting seperti
-Gunting Kecil
-Plester
-Obat Peredam Luka
-Obat Peredam demam
-Emegency Blanket (semacam selimut almunium foil untuk hypotermia)

Setelah Semua Point Diatas Saya Timbang Di timbangan model gantung beratnya hanya 9.980gram yessss akhirnya beratnya pas hampir 10kg , enteng dan bisa lebih menikmati alam tanpa takut kecapean :D





0 komentar:

Posting Komentar

About Us